Web-Blog Informasi Dusun Sendi-Bangunsari

New Update! Dusun Sendi merupakan salah satu dusun yang berada di Desa bangunsari, Kecamatan Bandar , Kabupaten Pacitan Jawa Timur. Dusun sendi berjarak 2 Km dari Pusat Desa Bangunsari. Dusun ini berlokasi sekitar 45 Km dari pusat kota Kabupaten Pacitan dengan jarak tempuh sekitar 1.45 jam perjalanan dari pusat kota Kabupaten Pacitan. hampir separuh dari luas Dusun Sendi digunakan untuk area pertanian dan perhutanan.

Pelatihan Kader AMPL Kabupaten Pacitan, Kepala Dusun Sendi Jadi Wakil Desa Bangunsari Kec. Bandar

Pelatihan Kader AMPL Kabupaten Pacitan, Kepala Dusun Sendi Jadi Wakil Desa Bangunsari Kec. Bandar
Peserta Kader AMPL Kabupaten Pacitan mengikuti pelatihan

DUSUN SENDI - Kelompok Kerja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (Pokja AMPL) Nasional merupakan sebuah lembaga adhoc yang dibentuk pada tahun 1997 sebagai wadah atau forum komunikasi dan koordinasi agar pembangunan air minum dan sanitasi berjalan lebih baik. Mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pemantauan, hingga evaluasi. Selain itu, pembentukan Pokja juga bertujuan untuk meningkatkan koordinasi antar lembaga pemerintah pelaku pembangunan air minum dan sanitasi.

Kabupaten pacitan juga terus aktif mejalankan program AMPL dengan mengundang masyarakat yang diwakili oleh Kader AMPL  pilihan desa masing-masing. Bertempat di Hotel Graha Prima pacitan pelatihan program Kerja Kader AMPL dilaksanakan.

Kegiatan tersebut diikuti 36 Desa se-Kabupaten pacitan berlangsung selama 1 hari penuh yaitu pada tanggal 30 oktober hingga 1 November 2018.  

Pelatihan Kader AMPL Kabupaten Pacitan ini bukan tanpa alasan yaitu untuk menindaklanjuti program PAMSIMAS Kabupaten Pacitan yang akan langsung berpengaruh kepada masyarakat.

Desa Bangunsari Kecamatan Bandar Kabupaten Pacitan juga mengirimkan Kader AMPL untuk mengikuti pelatihan yang telah dipilih oleh Kepala Desa Bangunsari, yang diwakili oleh Kepala Dusun Sendi "Reza" dan Muryanto. 

Kepala Dusun Sendi menuturkan bahwa dari hasil pelatihan Kader AMPL Pacitan ini, Pemkab pacitan mengharapkan bukan hanya teori namun mampu dilapangan untuk membangun komunikasi dengan masyarakat untuk mencapai program Pamsimas dengan RPJM dan RKPdes di daerah ini agar bisa langsung di nikmati masyarakat. Kader AMPL harus turut serta dalam lingkup pemberdayaan lingkungan yang berbasis pada kesehatan masyarakat.

(ofk)

1 comment: