Web-Blog Informasi Dusun Sendi-Bangunsari

New Update! Dusun Sendi merupakan salah satu dusun yang berada di Desa bangunsari, Kecamatan Bandar , Kabupaten Pacitan Jawa Timur. Dusun sendi berjarak 2 Km dari Pusat Desa Bangunsari. Dusun ini berlokasi sekitar 45 Km dari pusat kota Kabupaten Pacitan dengan jarak tempuh sekitar 1.45 jam perjalanan dari pusat kota Kabupaten Pacitan. hampir separuh dari luas Dusun Sendi digunakan untuk area pertanian dan perhutanan.

Upaya penyelamatan sumber mata air Dusun Sendi di lereng Gunung Gembes

Upaya penyelamatan sumber mata air Dusun Sendi di lereng Gunung Gembes
Kepala dusun sendi, meninjau sumber air dusun sendi

Dusun Sendi - Kepala Dusun Sendi Desa Bangunsari Kecamatan bandar mengajak Masyarakat untuk ikut  serta dalam gerakan konservasi air di lereng gunung Gembes. Gerakan tersebut diwujudkan dengan penyelamatan sejumlah sumber mata air di dusun Sendi dan sekitarnya.

Gerakan ini bermula dari pengalaman masyarakat pada musim kemarau. Sumber air yang mengering di takutkan membuat warga berebut dan muncul permasalahan di antara warga.

Salah satu upaya yang dilakukan warga agar tidak terjadi perebutan air saat kemarau yakni dengan cara memperluas daerah tangkapan air dengan penanaman pohon, dengan begitu air dari curah hujan dan mata air bisa tertahan lebih lama di daerah tersebut.

Kepala Dusun Sendi, Reza menambahkan banyak pihak harusnya mau bergotong royong dalam gerakan konservasi air ini. Sebab apa yang dilakukan oleh warga dusun Sendi bukan semata-mata untuk kepentingan mereka sendiri, tapi juga untuk warga di Desa bangunsari dan sungai yang dialiri air berhulu di Gunung Gembes ini.

Sementara itu, Reza, menambahkan untuk kegiatan ini, dusun sendi bekerja sama dengan Perum Perhutani Jawa Timur dalam kegiatan penyelamatan sumber mata air dusun sendi.

"TIDAK MERUSAK, IKUT MENJAGA DAN MERAWATNYA"

[ofk]

0 komentar: