Web-Blog Informasi Dusun Sendi-Bangunsari

New Update! Dusun Sendi merupakan salah satu dusun yang berada di Desa bangunsari, Kecamatan Bandar , Kabupaten Pacitan Jawa Timur. Dusun sendi berjarak 2 Km dari Pusat Desa Bangunsari. Dusun ini berlokasi sekitar 45 Km dari pusat kota Kabupaten Pacitan dengan jarak tempuh sekitar 1.45 jam perjalanan dari pusat kota Kabupaten Pacitan. hampir separuh dari luas Dusun Sendi digunakan untuk area pertanian dan perhutanan.

Kegiatan Gotong-Royong Warga Dusun Sendi Desa Bangunsari Bandar Pacitan

Kegiatan Gotong-Royong Warga Dusun Sendi Desa Bangunsari Bandar Pacitan
Gotong Royong Warga Dusun Sendi Desa Bangunsari

“Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh!” 


Kalimat tersebut sempat populer di kalangan masyarakat Indonesia pada tahun 90-an, namun kini mulai jarang sekali terdengar. Kalimat tersebut singkat, namun maknanya dapat tergambar dengan sangat jelas. Persatuan adalah landasan semangat yang sejak dulu digunakan oleh para pejuang untuk membangun bangsa. Budaya gotong royong merupakan salah satu perwujudan nyata dari semangat persatuan masyarakat Indonesia. 

Jika kita berbicara masa lalu, mudah sekali menemukan budaya gotong royong dalam berbagai bentuk. Mulai dari kerja bakti yang seringkali dilakukan warga masyarakat setiap satu minggu sekali hingga budaya gotong royong antar umat beragama. Budaya gotong royong adalah identitas nasional. Karenanya, budaya gotong royong seharusnya terus dijaga supaya terus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Kegiatan Gotong-Royong Warga Dusun Sendi Desa Bangunsari Bandar Pacitan
Dusun Sendi Desa bangunsari adalah salah satu contoh yang selalu melestarikan budaya gotong royong baik untuk membantu kegiatan yang diselenggarakan pemerintah maupun untuk membantu warga atau tetangga sekitar. Bahkan gotong royong warga Dusun Sendi ini dilakukan oleh kemauan warga dusun sendiri, misalnya saja ada warga tetangga sedang membangun rumah tidak sedikit warga yang lain juga ikut membantu. 

Hal inilah yang menjadikan Warga Dusun Sendi terus rukun hidup berdampingan, gotong royong merupakan budaya masyarakat yang akan memberikan banyak sekali keuntungan misalnya meringankan beban pekerjaan tetangga, menumbuhkan sikap sukarela, tolong-menolong, kebersamaan dan kekeluargaan antar sesam anggota warga Masyarakat khusunya warga Dusun Sendi Bangunsari.

0 komentar: